Jumat, 22 Februari 2013


             Safari Dakwah merupakan salah satu program unggulan dari Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Ihya. Kegiatan ini dilaksanakan satu kali dalam satu tahun ajaran. Santri yang mengikuti kegiatan safari dakwah ini adalah santri kelas 4 dan 5. Kegiatan Safari Dakwah merupakan kegiatan terjun ke lapangan dalam rangka mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di pesantren. Santri yang merupakan peserta safari dakwah akan terjun ke desa yang telah ditetapkan oleh pesantren dan memberikan pelajaran-pelajaran seperti mengajar TPA/MD, taman kanak-kanak, mengadakan pelatihan-pelatihan, bakti sosial, dan lain sebagainya.
            Adanya kegiatan ini diharapkan akan memberikan manfaat tersendiri bagi warag masyarakat desa yang menjadi tempat safari dakwah. Selain itu diharapkan juga agar santri lebih siap dalam menghadapi kehidupan setelah pesantren nanti.
            Kegiatan safari dakwah tahun 1434 H atau tahun ajaran 2012-2013 ini akan dilaksanakan di Desa Bunigeulis, kecamatan Hantara, Kuningan. Pelaksanaan safari dakwah ini adalah bulan April 2013. Untuk menunjang keberhasilan acara, panitia safari dakwah yang diketuai oleh Ust. Maman Sumari, S.Pd.I melakukan survei tempat. Dari survei ini diharapkan panitia mendapatkan data-data yang akurat seputar kondisi lapangan Desa Bunigeulis. Kegiatan-kegiatan safari dakwah nanti akan diadaptasikan dengan data yang didapat selama survei. Proses adaptasi ini diharapkan akan memberikan dampak positif berupa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama safari dakwah sesuai dengan kebutuhan di Desa Bunigeulis tersebut.
            Survei Safari Dakwah 2013 ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 22 Februari 2013 kemarin. Tim survei dibentuk jauh-jauh hari sebelum kegiatan survei ini dilaksanakan. Tim survei terdiri atas 6 panitia dari santri dan 6 panitia dari pihak asatidz. Kegiatan survei dimulai dengan mengunjungi rumah yang akan menjadi basecamp kegiatan safari dakwah nanti. Kegiatan survei dilanjutkan dengan diskusi dan silaturahmi bersama aparatur Desa Bunigeulis di Masjid Jami Bunigeulis. Dari silaturahmi ini tim survei mendapatkan data-data yang dibutuhkan untuk persiapan kegiatan safari dakwah nanti.
            Selain mendapat pengalaman silaturahmi ke Desa Bunigeulis, tim survei mendapatkan pengalaman-pengalaman yang berharga selama perjalanan menuju/meninggalkan Desa Bunigeulis. Jalan terjal yang dilewati tim survei memberikan pengalaman tersendiri bagi seluruh tim. Mobil yang digunakan tim survei ramai oleh ekspresi senang dan takut selama perjalanan. Pada akhirnya tim survei bersyukur sekaligus senang karena bisa kembali ke pesantren dengan selamat, sekaligus membawa bekal cerita bagi santri yang tidak mengikuti survei. Semoga sukses kegiatan Safari Dakwah 2013 ini, amin. (Ag/red)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Kelas 4dan 5 setara dg apa yaa? Hehe
oke deh rdksinya :)

Unknown mengatakan...

Makasih komennya sdri Alifah. Kelas 4 dan 5 setara dengan kelas x dan xi untuk aliyah/SMA..mkasih jgn lupa ikuti terus perkembangan web kami :)

Blogroll

www.ppmalihyakuningan.org

About